jump to navigation

TUGAS IBD – ILMU BUDAYA DASAR DAN HUBUNGAN NYA DENGAN SISTEM INFORMASI – Oleh : Wildan Salim Naji (18110513) March 16, 2011

Posted by didanrabian in TUGAS KULIAH didanrabian.
trackback

ILMU BUDAYA DASAR DAN HUBUNGAN NYA DENGAN SISTEM INFORMASI

Oleh : Wildan Salim Naji (18110513) – 1Ka30

Definisi Sistem informasi hasil pencarian di internet sangat bervariasi dan beragam jumlah nya, dalam bahasan kali ini Sistem informasi yang sedang saya bahas adalah Sistem informasi dalam ruang lingkup salah satu jurusan tehnik ilmu computer dan kaitan nya dengan matakuliah Ilmu Budaya dasar. Dibawah ini adalah contoh dari beberapa definisi system informasi :

– Sistem Informasi adalah sekumpulan komponen dari informasi yang saling terintegrasi untuk mencapai tujuan yang spesifik. Komponen yang dimaksud adalah komponen input, model, output, teknologi, basis data (data base), kontrol atau komponen pengendali.

– Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan

– Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.

– Sistem Informasi adalah Proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu; kebanyakan SI dikomputerisasi.

– Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.

– Sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang salaing berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolaan informasi (data yang telah dioleh sehingga lebih berguna bagi user)

– Sistem informasi adalah sistem yang saling berhubungan dan terintegrasi satu dengan yang lain dan bekerja sesuai dengan fungsinya untuk mengatur masalah yang ada.

– Suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) merupakan aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manejemen dan para pengguna yang berpengalaman di bidangnya.

Dalam bahasan kali ini Sistem informasi sebagai salah satu jurusan dalam fakultas ilmu komputer memiliki pengertian yang lebih spesifik, Sistem informasi (SI) adalah suatu jurusan mata kuliah yang termasuk dalam kelompok fakultas ilmu komputer yang mengkaji pola system manajemen dan pengolahan informasi secara sistematis dan efisien dengan menggunakan perangkat tekhnologi komputer maupun tidak sehingga penyajian nya dapat lebih mudah di gunakan dan di manfaatkan. Lalu apa kaitanya dengan Ilmu budaya dasar ? sesuai dengan fungsi dari ilmu budaya dasar, mari kita kaitkan dalam ruang lingkup yang lebih kecil . . fungsi ilmu budaya dasar adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dari masyarakat dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut diri sendiri. Sehingga dapat kita rumuskan bawah; kaitan nya adalah ilmu budaya dasar menjaga dan mengayomi arah dan tujuan dari proses pembelajaran dalam system informasi sehingga dapat selalu dalam lingkaran kebenaran menurut budaya tatakrama, hukum dan etiket, contohnya seperti hak menggunakan, hak akses, dan hak privasi.

Contoh pengadaptasian IBD dalam ruang lingkup SI adalah :

1. Dalam hal ini menghormati dengan menghargai para pembuat informasi setidak nya dengan mencantumkan sumber dari karya tulis kita bilamana ada hal yang kita kutip dari catatan seseorang.

2. Dan juga etika dalam hak privasi, dengan tidak seenak nya mengganggu ID/account/nama seseorang terutama di dunia internet yang sifat nya ruang umum.

3. Tidak menterpurukan nama baik seseorang atau pihak, dan merugikan siapapun untuk kepentingan apapun dan atas alasan apapun.

4. Menjunjung tinggi nilai adat budaya seperti untuk tidak menggunakan kata-kata yang tidak pantas dalam ruang publik dan dalam proses pengolahan informasi.

Sumber :

– Wikipedia indonesia

– blog sendir (original)

Comments»

1. ma'rufa - April 1, 2012

apa hubungannya budaya dengan tekhnologi

didanenak - April 11, 2012

tentu ada ma’rufa

secara singkat “technology tercipta akibat terjadinya proses asimilasi budaya dan modernisasi maka terjadilah perkembangan technology”

alat – alat tradisional pun dapat di katakan technology, kemudian terjadilah perombakan dan rekonstruksi moderenisasi sehingga muncul lah technology mutakhir.

🙂


Leave a comment